Pengurus

SUSUNAN BADAN PENGURUS LENGKAP YAYASAN OBOR TANI

Pada pertama kali didirikan, 17 Januari 2006


DEWAN PEMBINA


p.ismangoen

KRMHT Ismangoen Notosapoetro
Ketua Umum
Lahir di Ngawi, 31 Desember 1939
Alamat Jl. Singotoro 5, Semarang
Perwira komandan skuaron kapal cepat TNI-AL se-angkatan Wismoyo Arismunandar ini, adalah tokoh masyarakat Semarang. Tangan dinginnya ketika menjadi Direktur Utama PT. Kubota Indonesia, membesarkan perusahaan yang dipimpinnya hingga seperti sekarang,sekaligus membawa PSIS Semarang menjuarai nasional Kompetisi Divisi Utama 1986-1987. Mantan anggota DPR-RI ini, selain aktif di Obor Tani, juga menjadi Komisaris Semarang-TV, pengurus RS Telogorejo dan sekolah nasional Karangturi Semarang.
Motto: “Seseorang adalah kisahnya. Nilai seseorang adalah PRESTASINYA, terutama REPUTASINYA.”


P. BASUKI III

Hertoto Basuki
Ketua I
Lahir di Ponorogo, 13 Juni 1947
Alamat Jl. Gunung Sawo 23, Semarang.

Beralmamater Fak. Teknik Universitas Diponegoro, yang aktif berorganisasi dalam kegiatan sosial dan budaya semenjak muda termasuk menjadi koordinator GMNI Jateng 1976, menjadikannya organisator tangguh diberbagai organisasi hingga saat ini. Pengurus Kadin Jateng 2006-2008, pendiri Badan Koordinasi Sertifikasi Profesi (BKSP) Jateng dan menjadi inspirator pembentukan BKSP di seluruh Indonesia. Kini berkecimpung dalam kerjasama Kadin antar negara, antara lain dengan Kadin Koshai-Jepang dan IHK (Kadin) Sturgartt-Jerman, juga sebagai komisaris dalam, PT. SHHI Nusa Resources, perusahaan di bidang perminyakan.

Motto: “Mengisi ruang kosong potensial untuk masyarakat banyak.”


bu yuni

Joeni D Asmartyn
Sekretaris I
Lahir di Semarang, 19 Februari 1959
Alamat Jl. KH. A. Dahlan No.3, Semarang

Pengusaha di bidang pertambangan. Sosok wanita karier yang sangat peduli dengan kesejahteraan masyarakat Desa.

Motto: “Berbuat baiklah selama masa hidupmu.”


p.bambang

Bambang Sulistyo Widjanarko

Ketua II
Lahir di Solo, 5 Februari 1949
Alamat Komplek Sekneg R.I Cidodol Baru Blok J No. 4
Jl. Panjang Cidodol, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Master Planologi ITB ini adalah alumni Fak. Peternakan Undip 1975. Mengawali karier di bidang agraria mulai 1976, hingga saat Obor Tani lahir, Bambang Widjanarko sudah menjadi Kakanwil Badan Pertanahan Nasional Jawa Tengah. Saat ini bertugas di Jakarta sebagai Direktur Pengelolaan Tanah Negara, Tanah Terlantar dan Tanah Kritis pada BPN-RI.
Motto: “Agar perjalanan hidup kita bermakna sebagaimana kehendak Sang Pencipta, maka kita harus mengenali Jati Diri Sejati kita, bahwa kita diciptakan untuk kemakmuran dan menjaga keharmonisan manusia, tanag dan alam semesta agar perjalanan kita dapat kembali seutuhnya kepadaSang Pencipta”


p.st.sukirno

Stefanus Soekirno
Sekretaris II
Lahir di Bantul, 12 Februari 1951
Alamat Jl, Karang Rejo Tengah VII/18 semarang

Master Sosiologi pengagum Bung Karno, alumni UGM ini menjabat Dekan Fisip Universitas Tujuhbelas Agustus Semarang sejak 1977-1996, kemudian menjadi Pembantu Rektor 1(1996-1998), puncaknya menduduki jabatan Rektor (1998-2006). Kesukaan terhadap ilmu diterapkan di Obor Tani dan sebagai praktisi budayawan Jawa (kejawen). Penampilan dan semangatnya yang senantiasa muda memberi kekuatan “tersendiri” di Obor Tani.

Motto: “Memelihara tidak kalah dari mencipta, merawat tidak kalah dari membuat, menyiram tidak kalah dari menanam.”


p.sriyanto

Sriyanto
Anggota
Lahir di Semarang, 25 September 1943
Alamat Jl. Gemah Jaya III/19 Semarang

Alumni fakultas hukum Universitas Islam Indonesia (UII) yang mengawali karir di Biro hukum Propinsi Jawa Tengah, hingga menjadi sekretaris Badan Penanaman Modal (BPM) Propinsi Jateng. Disela kesibukkannya menghimpun investasi-investasi untuk Jateng,kegiatan-kegiatan Obor Tani tetap menjadi prioritas utamanya.

Motto: “Hari esok harus lebih baik dari hari ini”


no picture

Thendy Susanto
Anggota
Lahir di Palembang, 22 Februari 1950
Alamat Jl. Graha Candi Golf B-III no. 7 Semarang

Pemilik PT Nayati yang memproduksi alat-alat dapur berkualitas ekspor, dan outlet “Restomart” ini adalah juga pengurus RS Telogorejo Semarang. Beliau bergabung sebagai anggota Dewan Pertimbangan Yayasan Kesehatan Telogorejo, dan pernah menjabat sebagai Bendahara Dewan Pengurus. Pada tahun 2005, beliau menjabat sebagai Ketua Dewan Pengurus Yayasan Kesehatan Telogorejo dengan masa bakti 2005-2010.

Motto: “NEVER STOP LEARNING”


p.harjanto

Harjanto Kusuma Halim
Anggota
Lahir di Semarang, 18 Desember 1965
Alamat Jl. Telomoyo 6 Semarang

Founding Father sekaligus pemilik Marimas (PT. Ulam Tiba Halim), banyak mengisi hariharinya dibanyak kegiatan sosial kemasyarakatan dan pendidikan, antara lain sebagai aktivis sosial di Obor Tani dan Kampung Semawis, serta sebagai aktivis pendidikan di Sekolah Nasional Karangturi dan Fakultas Teknologi Pangan UNIKA Soegijapranata Semarang. Kecintaan akan seni dan budaya membawanya menjadi penari Jawa.
Motto: “Urip kudu ditata. Nanging yen kabeh ditata ya ora bisa urip.”


no picture

Setiawan Santoso
Anggota
Lahir di Semarang, 05 Maret 1948
Alamat Jl. Sultan Agung 123 Semarang.

Pengusaha garmen Rodeo ini, banyak mengerjakan produk-produk garmen yang dipasarkan di luar negeri, yang membutuhkan ke-prefect-an. Hobinya akan tanaman, membawanya untuk ikut berkiprah dalam Obor Tani.

Motto: “Janganlah menyerah dalam hidup.”


DEWAN PENGURUS HARIAN


p.budi dharmawan

Budi Dharmawan
Ketua Umum
Lahir di Pati, 26 Nopember 1936
Alamat Jl. Wungkal 11 Semarang
Insinyur teknik mesin ITB angkatan ke-3 ini mengawali karirnya sebagai perwira AL.

Tugas Trikora, Dwikora dijalani oleh pengagum Bung Karno ini, kemudian ketika sang Pemimpin Besar ditumbangkan lewat Gestok, ia juga ikut mundur dari dinas kemiliteran. Tahun 1970 mulai merintis usaha perkebunan mulai jeruk, cengkeh dan buah-buahan lainnya. Kini PT. Cengkeh Zanzibar perusahaannya, tidak hanya cengkeh sebagai komoditas utamanya, pada ratusan hektar kebunnya ditanami berbagai jenis buah seperti Durian Montong, Lengkeng Itoh, Buah Naga, Jambu Citra, Rambutan Binjai, Srikaya New Varietas, diproduksi yang massal berhasil memenangkan persaingan dengan buah import di supermarket-supermarket terkemuka di tanah air. Sebagai leader di Obor Tani beliau memiliki satu cita-cita:

Mengembalikan Harga Diri Petani Indonesia! Dengan cara memakmurkan petani dengan menanam Buah Unggul nomor 1 di dunia baik kualitas maupun kuantitas.

Diusianya yang memasuki 72 tahun, adik kandung mantan Ketua MPR, Kwik Kian Gie ini, telah banyak menuai prestasi, antara lain mengubah lembaga yang hampir runtuh menjadi lembaga bertaraf Internasional, yaitu; Rumah Sakit Telogorejo Semarang dan Sekolah Nasional Karangturi Semarang. Selain di Obor Tani beliau juga aktif sebagai Ketua Dewan Pengurus Harian Universitas Tujuhbelas Agustus (Untag) Semarang dan berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan.

Motto: “Hidup ini hanya titik nol. Setiap kelebihan selalu berpasangan dengan kekurangan. Jadi janganlah sombong kalau kau memiliki kelebihan dan jangan rendah diri kalau kamu mendapat kekurangan.”


p.prof budi

Budi Widianarko
Wakil Ketua
Lahir di Semarang, 23 November 1962
Alamat Jl. Bawen Bukit Permai E-10, Bawen Kab. Semarang

Guru besar termuda (saat dikukuhkan berusia 39 tahun) Universitas Katholik (UNIKA) Sogijapranata Semarang, adalah aktivis “Air Dunia” memperjuangkan penggunaan air secara merata kepada seluruh penduduk bumi dan menentang privatisasi/kepemilikan air oleh segolongan individi/perusahaan, membuat ia sering bepergian dari satu benua ke benua lainnya di dunia. Pendiri Fakutas Teknologi Pangan UNIKA (1993), dan kemudian Program Magister Teknologi Pangan (2007), berhasil menjadikan fakultas ini dari tidak ada menjadi pilihan industri teknologi pangan dalam mencari SDM. Rangkingnya kini menempel ketat UGM dan IPB dalam hal menciptakan ahli yang kompeten dalam teknologi pangan.

Motto: “Semakin banyak mengetahui, kita semakin menyadari kebodohan kita di tengah belantara ilmu pengetahuan.”


p.kuncoro

JD Kuncoro
Sekretaris I
Lahir di Malang, 23 November 1959

Alamat Jl. Sindoro V/3 Ungaran.

Lulus dari Fakultas Peternakan Unibraw Malang tahun 1985, kemudian berkiprah di dunia marketing dan sumberdaya manusia selama 20 tahun. Pada saat ini berprofesi sebagai konsultan sumber daya manusia dari Competency Center.

Motto: Hidup adalah proses belajar. Barangsiapa telah berhenti belajar, maka pada dasarnya dia tidak lagi “hidup”.


p.arif ruba'i

Muh. Arif Ruba’i

Sekretaris II
Lahir di Semarang, 02 Februari 1976
Alamat Desa Wonokerto RT 03 RW 01

Pengusaha hortikultura, Pusat Komando Jankar Muda Nusantara
Motto: “Perjalanan 1000 langkah, selalu dimulai dengan langkah pertama”


ibu benita

Benita Eka Arijani

Bendahara
Lahir di 26 November 1956
Alamat Jl. Guntur No.23, Semarang

Soal kuliner Asia Timur, dia adalah salah satu pakar yang dimiliki Semarang. Masakan Korea dan Jepang adalah spesialisnya, baik yang sudah dimodifikasi dengan lidah Indonesia, maupun yang asli dari negara asalnya plus table manner-nya. Tak heran restoran-restorannya –terutama Seoul Restaurant– menjadi tempat singgah para ekspatriat. Kadin, Ketua Umum IKAPESTA (Wedding), Kampung Semawis dan Rotary Club adalah sebagian dari aktivitasnya.

Motto: “Cintailah pekerjaanmu maka pekerjaan juga akan mencintaimu”


DEWAN PENGAWAS


p.hendro siswoyo

Hendro Siswoyo

Ketua
Lahir di Rembang, 10 September 1946
Alamat Jl. Kawi No. 46, Semarang

Pengusaha tekstil yang aktif sebagai Wakil Ketua Dewan Pengurus Harian Universitas Tujuhbelas Agustus (Untag) Semarang dan berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan.
Motto: “Jangan seperti pungguk merindukan bulan”.


p.anwar cholil

Anwar Cholil

Wakil Ketua
Lahir di Wonosobo, 12 Agustus 1950
Alamat Jl Tembalang Selatan I/10

Ketua Bappeda
Motto: “Bekerja tidak hanya dikaitkan dengan hal-hal yang sifatnya duniawi namun juga ukhrowi.”


p.gatot adjisoetopo

Gatot Adjisoetopo
Sekretaris
Lahir di Yogyakarta, 01 Maret 1943
Alamat Jl. Bayem Raya 22 Semarang

Alumni Teknologi Pangan UGM 1969 ini, mengawali karir di Departemen Pertanian RI, ditempatkan di Jateng dari 1970-1987. Dalam kerangka program swasembada pangan 1975, menempuh pendidikan di International Rice Researh Institute (IRRI) di Los Banos, Filipina. Sejak 1974 sudah menjadi pengurus Himpunan Kerukunan Tani (HKTI) Jateng, dan menjadi Ketua HKTI Jateng hingga saat ini. Karir di legislatif dimulai dari DPRD Jateng 1987-1997, kemudian DPR RI 1997-1999. Selain di Obor Tani dan HKTI, menjadi dosen Universitas Semarang (USM) adalah aktivitasnya.
Motto: “Masa depanku tergantung pada apa yang kukerjakan hari ini”


Testimonials

Program magang yang diselenggarakan Obor Tani sangat membantu meningkatkan pengetahuan kami dalam bercocok tanam.

Agus P
pixelova

Tag dan Kategori Cumulus

Statistik